Kamis, 12 November 2015

Surat Untuk Hilal – Buku Entah untuk Siapa


            Hilal, apa kabar?

            Rasanya aneh sekali ya kalau kutanyakan kabarmu. Setelah hari itu aku mulai berpikir untuk mengobrol juga denganmu. Meski tidak lewat lisan, tapi lewat tulisan. Hari itu aku ingin mulai bercerita banyak kepadamu? Kau tidak keberatan bukan?

            Kuliah berlangsung seperti biasa. Dan seperti biasa juga masih butuh banyak belajar pagi itu. Soalnya banyak yang masih belum kupahami penjelasan dosen tentang konsep aerodinamika. Perancangan pesawat.

            Pagi tadi setelah kelas ditutup, entah kenapa tetiba ingin sekali ke toko buku. Tidak biasanya keinginan ini datang, apalagi sendirian. Melangkahkan kaki menelusuri judul-judul buku di rak pajangan. Menikmati ketidaktahuan akan bagus atau tidaknya buku-buku yang akan kubeli nanti. (Biasanya bareng Mas Teguh dan beliau akan merekomendasikan beberapa judul).

            Apa yang kudapat?

            Jejak Guru Bangsa Gusdur
            Cerdik Berbicara Cerdas Menguasai Suasana
            Kumcer “Dokter Plimin”
            Kumcer “Kemilau”
            Kumpulan Puisi Jurnalistik
            Dan Buku Petunjuk Hidup Tentram dan Bahagia Karangan Dale Carnegie sebanyak dua eksemplar.

            Apa judul-judul itu menarik? Aku sendiri belum tahu. Butuh waktu untuk membaca semuanya.

            Hanya saja, ketika membeli buku itu. Ada satu judul buku yang kubeli dua eksemplar padahal aku sendiri sudah punya satu. That’s mean aku punya tiga sekarang. Buat apa aku beli buku yang sama berulang kali? Aku tak mengerti alasannya, Hil.

            Tapi pernah tidak kau merasa membeli buku untuk seseorang yang kau tidak tahu siapa namanya? Kalau kemarin beli serial harry potter 5,6 dan 7 untuk anak-anakku. Yang sekarang aku betul-betul tidak tahu untuk siapa buku itu kubeli banyak-banyak.

            Tiba-tiba ingin membeli lebih.
            Meski belum tahu untuk siapa. Mungkinkah untukmu?


Jalan Tajem – Maguwo
12 November 2015


*Oh iya buku Dale Carnegie ini begitu bagus untuk dibaca dan dipraktekan. Very Recommended.




           
             
     


0 komentar:

Posting Komentar