Senin, 26 September 2016

Kehidupanku dan Kehidupannya


September 2016

            Namaku Diko, dan aku selalu iri dengan Ciko, rangkingnya di kelas selalu menduduki peringkat teratas di kelas kami. Kau perlu tanya berapa rangkingku? Aku pikir tidak perlu kusebutkan angkanya, yang jelas selalu berada di sepuluh terakhir dari bawah.

            Aku pikir aku merasa selalu iri kepadanya, setiap sore aku selalu bisa melihat Ciko keluar dari rumah di antar oleh sopirnya. Aku pernah bertanya langsung kepadanya, tiap sore itu pergi kemana? Dan seperti yang sudah kuduga, sorenya dia belajar di tempat les sampai malam. Sore dia mempelajari pelajaran di sekolah, malamnya ternyata ia belajar tentang kesenian. Biola dan melukis lebih tepatnya.

            Iya, aku selalu iri dengan dirinya, ketika teman-teman mendekat dan bertanya tentang soal-soal sulit di kelas. Melihat itu aku jadi sering berpikir.

            Oh seandainya kehidupanku berada di kehidupannya.

***

            Namaku Ciko, memang aku selalu berada di rangking satu di kelasku. Dan untuk terus mencapai peringkat itu, orangtuaku memintaku untuk datang les tiap sore untuk pelajaran sekolah, dan les kesenian di waktu malamnya. Tapi apakah aku pikir aku bahagia dengan segala juara di kelas itu? Jujur aku tidak tahu bahagia atau tidaknya. Yang aku tahu pasti, aku merasa iri dengan kawan kelasku yang bernama Diko.

            Meskipun peringkat di kelas dia tidak pernah di atasku, tapi jujur aku iri dengan Diko. Orang-orang datang kepadaku dengan membawa soal matematika maupun ipa, tapi teman-teman yang datang kepada Diko selalu bercerita apa saja. Mereka terlihat nyaman ketika berada di samping Diko. Sedangkan jika di sampingku, ketika sudah dapat jawaban dari soal mereka berterima kasih dan pergi begitu saja.

            Sering ketika aku keluar gerbang untuk berangkat les pelajaran, kulihat Diko dan kawan-kawanku sedang bermain bola atau layang-layang di lapangan.

            Tampak hidup dia begitu menyenangkan.

            Oh seandainya kehidupanku berada di kehidupannya.

0 komentar:

Posting Komentar